HUKUM  

Kasus Proyek Pengamanan Pantai Langsa Dilimpahkan ke PN Tipikor

Kasi Pidana Khusus Kejari Kota Langsa Muhammad Razi menyerahkan berkas ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor), Banda Aceh, Senin 10 Juni 2024 [Foto: Marwan]
Kasi Pidana Khusus Kejari Kota Langsa Muhammad Razi menyerahkan berkas ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor), Banda Aceh, Senin 10 Juni 2024 [Foto: Marwan]

LENSAPOST.NET – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Langsa telah melimpahkan perkara dugaan korupsi dalam proyek Pengamanan Pantai Telaga Tujoh Pusong, Kota Langsa ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor).

Pelimpahan tersebut dilakukan oleh Kasi Pidana Khusus Kejari Kota Langsa, Muhammad Razi, dan diterima langsung oleh PTSP PN Banda Aceh pada Senin 10 Juni 2024.

Empat tersangka dalam kasus ini telah ditahan pada 30 Mei oleh Kejari di Rutan Kelas IIB Kota Langsa. Tersangka tersebut adalah SF, Kuasa Pengguna Anggaran UPTD Pengelola Irigasi Wilayah III Dinas Pengairan; Mu, Direktur CV. Bintang Beutari; MA, PPTK; dan MI, Pelaksana Lapangan CV Bintang Beutari.

Kajari Kota Langsa, Efrianto, melalui Kasi Pidana Khusus Muhammad Razi, mengonfirmasi bahwa pelimpahan kasus ini ke PN Tipikor sudah dilakukan. “Kami menunggu jadwal penetapan sidang. Pelimpahan ini dilakukan untuk memastikan kepastian hukum terhadap empat tersangka yang sudah ditahan,” ujar Razi.

Sebelumnya, berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan adanya penyimpangan dalam proyek ini. Penyimpangan tersebut berupa pembuatan berita acara penyelesaian pekerjaan lapangan yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, yakni adanya pekerjaan yang tidak dikerjakan namun tetap dilakukan pembayaran seolah-olah pekerjaan telah 100% selesai.

Berdasarkan Laporan Hasil Audit Perhitungan Kerugian Keuangan Negara dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi Pekerjaan Pengamanan Pantai Telaga Tujoh Pusong Nomor 700/02/PKKN/IA-IRSUS/2023 tanggal 31 Juli 2023, negara mengalami kerugian sebesar Rp. 878 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *