Sabang mulai Budidayakan Tanaman Nilam

LENSAPOST.NET – Sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian bagi para petani, budidaya tanaman nilam mulai dikembangkan di Kota Sabang.

Untuk mendorong semangat dan memotivasi para petani, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi ikut melakukan penanaman nilam di Gampong Batee Shok, beberapa waktu lalu.

Pj Wali Kota Sabang mengatakan tanaman nilam memiliki manfaat yang banyak dan nilai jual yang tinggi, juga dapat meningkatkan perekonomian para petani.

“Kami berharap penanaman nilam ini terus dilakukan berkesinambungan. Meskipun harga minyak nilam turun, petani harus terus semangat untuk menanam kembali,” kata Pj Wali Kota Sabang, Minggu (9/6).

Nilam yang dikenal dengan nama latin Pogostemon Cablin Benth, menghasilkan minyak atsiri atau minyak nilam (patchouli oil). Minyak ini bermanfaat untuk bahan dasar parfum, kosmetik, sabun, aromaterapi, serta penyembuhan fisik, mental, dan emosional.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang Fakri menjelaskan, penanaman nilam pada Jum’at (7/6) lalu, diprakarsai oleh kelompok tani Gapoktan Ingin Jaya, di lahan milik Firman seluas 3 hektar yang berlokasi di Gampong Batee Shok.

“Tentunya kami Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang sangat mendukung dan selalu memfasilitasi inisiasi yang berdampak positif, yang mampu meningkatkan perekonomian para petani di Kota Sabang,” tambahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *