Umum  

Inilah 7 Jenis Resleting Beserta Fungsinya

Ilustrasi

Dalam beberapa barang keperluan sehari-hari, resleting adalah benda kerap kali ditemukan. Resleting bisa ditemukan di beberapa produk pakaian serta perlengkapan rumah. Lalu benarkah resleting adalah barang penting? Simak pembahasan yang dikutip dari Oscas.co.id berikut ini:

Pengertian Resleting

Dalam bahasa inggris resleting disebut dengan zipper yang sering juga disebut dalam produk pakaian karena lebih keren. Contoh penggunaan kata tersebut, misal pada produk Zipper hoodie dan bukan ditulis resleting hoodie.

Resleting adalah sebuah benda yang sering digunakan menjadi komponen pembuat pakaian dan produk terapan lain seperti tas. Ada banyak kegunaan yang bisa dilakukan oleh resleting ini dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Resleting

Ada fungsi penting yang diperankan oleh resleting ini diantaranya adalah hal yang umum diketahui yaitu digunakan dalam pakaian. Hampir semua model pakaian kecuali kaos dan kemeja menggunakan resleting. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi resleting:

1. Menghubungkan dua sisi
Fungsi utama dari resleting sendiri adalah untuk menghubungkan dua sisi bahan menjadi satu. Resleting digunakan dalam beberapa benda seperti pakaian, tas, koper, dan beberapa lain yang terbuat dari bahan tekstil serta kulit.

2. Menutup dan Membuka Barang
Seperti tujuannya yaitu menghubungkan dua sisi bahan untuk dipertemukan. Bukan hanya untuk disatukan, namun dengan adanya resleting, kedua bahan tadi bisa dibuka dan ditutup agar lebih kencang dan rapat. Ini lebih efektif penggunaannya daripada tali dan kancing.

Cara Kerja Resleting

Dalam sebuah resleting cara kerja dan penggunaannya sangat sederhana. Pengguna cukup memanfaatkan tarikannya yang berbentuk seperti huruf Y. Gesekan antar giginya membuat resleting bisa terbuka dan tertutup dengan rapat.

Suara dari yang dihasilkan oleh resleting ini sangat khas dan diingat banyak orang. Makin bagus resleting biasanya akan makin halus suaranya serta sangat mudah digunakan. Jika resleting yang digunakan murah, biasanya akan sering macet dan cepat rusak dalam beberapa kali pemakaian.

Jadi meskipun kecil, resleting ini punya manfaat yang luar biasa untuk kehidupan masyarakat saat ini. Banyak benda yang sangat bergantung pada resleting agar fungsinya tetap bertahan seperti tas dan pakaian.

Itulah sedikit informasi mengenai resleting adalah benda yang bermanfaat dikutip dari blog.oscas.co.id. Adanya resleting membuat hidup lebih mudah dan banyak barang yang bisa dibuat berkat adanya resleting.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *