ACEH  

Haul Ke-52 Dayah Tauthiatuth Thullab (DTB) Arongan Berlangsung Meriah

LENSAPOST.NET – Puluhan ribuan lebih santri dan alumni Dayah Tauthiatuth Thullab (DTB) di seluruh Aceh, Selasa (9/01/2024) memadati komplek DTB, Desa Arongan, Simpang Mamplam Bireuen pimpinan H Sofyan Mahd atau lebih dikenal Abon Arongan.

Kehadiran masyarakat, para santri putra dan putri serta para pimpinan cabang DTB dalam rangka Haul DTB Ke-52 juga reuni akbar, silaturahmi dan kenduri maulid.

“Alhamdulillah, pelaksanaan acara ini merupakan agenda rutin Haul DTB Ke-52 sekaligus maulid dan reuni para alumni dari berbagai daerah berjalan lancar dan sukses,” ungkap Tgk Muksalmina atau akrab disapa Abana selaku Ketua Yayasan DTB kepada media ini, Selasa, (9/1).

Abana yang juga putra Abon Arongan mengatakan sejak beberapa sebelum acara puncak tamu dan alumni dari berbagai daerah termasuk luar Aceh juga hadir.

“Selain alumni dan wali santri serta masyarakat, para pejabat teras baik tingkat Kabupaten dan Provinsi juga hadir dalam Haul tahun ini termasuk pimpinan dayah serta tokoh lintas elemen lainnya,” ujarnya yang kini sedang menyelesaikan pendidikan Pascasarjana S2 di IAIN Langsa.

Sementara itu Ketua panitia acara tersebut Tgk Muhammad Al-Fadhli yang juga salah seorang guru DTB Arongan mengatakan kegiatan tersebut juga diisi zikir dan doa bersama.

“Kehadiran santri dari cabang DTB seluruh Aceh utamanya silaturahmi santri dayah atau bale pengajian DTB, kemudian reuni bersama para alumni dan juga kenduri maulid,” lanjutnya.

Kegiatan lainnya menurut Tgk Muhammad Al-Fadhli juga digelar temu ramah, pertemuan pengurus Ikatan Alumni Dayah Arongan (Ikada) pusat dengan daerah dan juga pertemuan dengan Abon Arongan.

Tgk Muhammad Alfadhil pelaksanaan kenduri maulid di DTB Arongan. Disebutkan, kegiatan puncaknya adalah kenduri maulid bersama di dayah juga Abon Arongan dalam pertemuan alumni .

“Pertemuan akbar membahas berbagai hal menyangkut perkembangan DTB dan juga membangun kebersamaan memajukan dayah juga Abon Arongan juga turut memberikan arahan kepada alumni,” ujarnya

Dalam pertemuan tersebut, Abon Sofyan dalam sambutannya antara lain mengatakan, pertemuan besar para santri DTB dan alumni DTB sebagai langkah bersama membangun dan memajukan lembaga pendidikan agama terutama sekali dayah DTB yang tersebar di seluruh Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *