NEWS  

HAN 2023 Momentum Melestarikan Permainan Tradisional

Foto: Istimewa

LENSAPOST.NET – Dalam era digital seperti sekarang, permainan tradisional seringkali terlupakan dan tergantikan dengan gawai digital yang lebih modern, oleh karena itu sangat penting untuk melestarikan permainan tradisional agar tidak hilang ditelan zaman.

Penyelenggaraan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 menjadi momentum untuk melestarikan dan memperkenalkan permainan tradisional kepada generasi bangsa. Permainan tradisonal juga bisa menumbuhkan daya kreatifitas pada anak.

Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023, Langkah Kecil Educare bekerja sama dengan TP PKK Kelurahan Pegangsaan menggelar acara main bareng bertempat di RPTRA Amir Hamzah, Jalan Amir Hamzah, Kelurahan Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat.

Dibuka oleh Sekretaris Kelurahan Pegangsaan, Via Rahmadiani, acara yang mengambil tema “Merayakan Kreativitas Anak Melalui Permainan Tradisional” diikuti oleh anak-anak PAUD binaan PKK di wilayah kelurahan Pegangsaan Menteng, Jakarta Pusat.

“Kegiatan yang dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Langkah Kecil Educare ini digelar untuk merayakan Hari Anak Nasional. Adapun kegiatan diikuti oleh 105 anak yang berasal dari 7 PAUD binaan TP PKK Kelurahan Pegangsaan,” ujar Via dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (29/7/2023).

Tri Muhdiyati, yang akrab dipanggil Riri, Co Founder Langkah Kecil Educare mengatakan acara diisi dengan berbagai kegiatan permainan tradisional seperti engklek, gobak sodor, cublak-cublak suweng, congklak, dan engrang. Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan menghias layang-layang dan menghadirkan pendongeng nasional Kak Inar dan Kak Mentari.

Riri menjelaskan, penyelenggaraan acara ini bertujuan melestarikan dan mempromosikan kembali permainan tradisional di era digital terutama bagi anak-anak usia dini.

“Selain sebagai sarana hiburan, permainan tradisional juga memiliki nilai edukatif yang tinggi seperti sikap gotong royong, sportif, jujur dan tanggug-jawab,” ungkap Riri.

Menurutnya, nilai-nilai tersebut sangat penting untuk diajarkan dan dikenalkan kepada anak sejak dini melalui kegiatan yang menyenangkan, salah satunya dengan permainan tradisional. [InfoPublik.id]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *