ACEH  

Calon Mahasiswa Baru Termasuk dari Jambi Ikut Tes di IAI Al-Aziziyah Samalanga

LENSAPOST.NET – Sekitar seribuan calon mahasiswa baru IAI Al-Aziziyah Samalanga telah berjuang ikut seleksi masuk Insitut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga, Bireuen tahun akademik 2023/2024 yang digelar di kampus lantai lima tersebut.

Kabag Humas IAI Al-Aziziyah Samalanga Tgk Mursalin, MH kepada media ini, Kamis, (3/8/2023) mengatakan peserta tes tersebar di tiga fakultas dengan tujuh Program Studi (Prodi) masing-masing Fakultas Tarbiyah terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

“Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam terdiri dari Prodi Ekonomi Syariah (EKOS), Hukum Keluarga Islam (HKI), sedangkan FDK (Fakultas Dakwah dan Komunikasi) juga ada dua Prodi yakni Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI),” lanjutnya.

Ketua Panitia Kandidat Doktor Tgk. Nainunis, MA mengatakan para peserta tes dengan pakaian sopan, sebagaimana yang telah ditetapkan panitia, peserta sangat antusias mengikuti seleksi. Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan di kampus utama Dayah Mudi Mesjid Raya dan Kamups II Dayah Jamiah Batee Iliek Samalanga.

‘’Sejak pagi calon mahasiswa bahkan ada yang didampingi orang tua sudah berada di lokasi tes untuk ikut seleksi masuk di Kampus IAI Al-Aziziyah Samalanga dengan dua lokasi tes, lokasi utama di Kampus Induk yang dibangun Presiden Jokowi dan lokasi kedua di Kampus II Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek,’’ujarnya

Dr. Tgk. Karimuddin Abdullah, MA., CIQnR selaku Wakil Ketua Panitia penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 menambahkan seleksi berjalan lancar dimulai pada pukul 10.30 Wib hingga selesai. Materi test berupa pengetahuan umum dan agama, test potensi akademik dan subtantif sesuai program studi masing-masing.

Ketua Umum Asosiasi IRMLA Aceh itu menyebutkan calon mahasiswa yang mendaftar tahun ini agak lumayan, masyarakat masih sangat menaruh harapan pada lembaga yang didirikan Abu Syekh Abu MUDI puluhan tahun silam.

“Alhamdulillah masyarakat masih sangat besar menaruh harapan pada IAI Al-Aziziyah Samalanga karena perguruan tinggi yang berlatar belakang pendidikan pesantren. Jumlah peminatnya masih di atas ketersediaan bangku kuliah. Sehingga, kami terpaksa harus melaksanakan seleksi yang ketat,” ujarnya.

Secara Terpisah, Rektor IAI Al-Aziziyah Samalanga Tgk. Muhammad Abrar Azizi, M.Kom disela-sela meninjau kesiapan panitia, memberikan semangat dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia testing.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah berusaha semaksimal mungkin, alhamdulillah seleksi berjalan lancar dan semua panitia menjalankan tugas dengan baik dan sempurna demi kemajuan Institut ini,” pintanya

Sementara itu salah seorang calon mahasiswi baru bernama Siti Aminah menyebutkan penerimaan mahasiswa baru kali ini manajemen sangat teratur dan sangat yakin panitia sangat selektif dalam memilih siapa mahasiswa IAIA Samalanga yang pantas menuntut ilmu di kampus terbaik PTKIS di Provinsi paling ujung di Nusantara ini.

“Seleksi berjalan ketat dan berharap impian menjadi salah seorang mahasiswa di kampus yang didirikan Mustasyar PBNU Al-Mursyid Abu MUDI menjadi kenyataan,”pinta calon mahasiswi dari Provinsi Jambi tersebut.

Sementara itu Karina Hasanah asal Kutacane disamping berharap menjadi salah satu mahasiswi di IAIA Samalanga juga ditambahkannya salah satu ciri khas IAI al-Aziziyah, para mahasiswanya wajib mondok di dayah, mungkin inilah yang menjadi daya tariknya orang tua untuk mengamanahkan anaknya ke perguruan tinggi ini, sehingga pesertanya membludak. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *