BI Aceh Siapkan Rp5,4 Triliun untuk kebutuhan Ramadhan-Lebaran 2024

) Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh melaksanakan Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jalan Cut Mutia Kota Banda Aceh, Jumat 22 Maret 2024.

LENSAPOST.NET – Dalam rangka pemenuhan kebutuhan uang rupiah dan layanan kas kepada masyarakat pada periode Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh melaksanakan Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jalan Cut Mutia Kota Banda Aceh, Jumat 22 Maret 2024.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Aceh Rony Widjiarto mengungkapkan, tahun ini pihaknya telah menyiapkan Rp 5,4 triliun uang kartal baru berbagai pecahan untuk kebutuhan masyarakat saat lebaran Idul Fitri 2024.

Tentu Jumlah tersebut, kata dia, akan memenuhi penukaran uang kartal Bank Indonesia Perwakilan Aceh dan Bank Indonesia Perwakilan Lhokseumawe.

“Salah satu lokasi resmi pelayanan penukaran uang saat ini bisa dilakukan pada tempat yang telah di tentukan, juga bisa memanfaatkan layanan penukaran uang baru di Bank Umum,”kata Rony.

SERAMBI merupakan bentuk kontribusi BI dalam rangka menyambut peringatan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan wujud perhatian BI untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah di masyarakat.

“Untuk mengetahui informasi jadwal layanan Kas Keliling BI dan tatacara penukaran uang, masyarakat dapat mengakses tautan https://pintar.bi.go.id,” ujar Rony.

Ditambahkan, dengan mengangkat tema ‘Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah’, SERAMBI 2024 juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berbelanja secara bijak sesuai dengan kebutuhan, berbelanja produksi dalam negeri, serta menabung dan berinvestasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui Rupiah.

Ia mengimbau masyarakat untuk melakukan penukaran uang di tempat-tempat penukaran resmi, yaitu di seluruh unit/cabang perbankan di wilayah Aceh, Kas Keliling BI, maupun pada layanan Penukaran Uang Bersama BI dan Perbankan.

Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko peredaran uang palsu, ketidakakuratan jumlah uang yang ditukarkan, dan pengenaan biaya.

“Ke depan, BI Provinsi Aceh terus berkomitmen untuk selalu hadir memenuhi kebutuhan uang Rupiah dengan jumlah dan pecahan yang sesuai, baik dalam keseharian maupun dalam berbagai momen penting kehidupan masyarakat Kepri,” pungkas Rony.

Penukaran uang dilayani mulai 22 Maret hingga 2 April 2024. Masyarakat dapat melakukan penukaran uang rupiah dengan mendaftar melalui aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *