NEWS  

Anies Ingin Buat Kampung Haji Indonesia di Arab Saudi

Calon Presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan

LENSAPOST.NET – Calon presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyebut Indonesia perlu membuat investasi jangka panjang yang berkaitan dengan umrah dan haji di Arab Saudi. Indonesia bisa membuat Kampung Haji Indonesia yang menjadi tempat singgah jemaah haji Indonesia.

“Kami melihat ke depan, dalam jangka panjang kita lihat haji umrah Indonesia itu sebagai sebuah projek yang tidak ada batas usianya. Jangan pandang ini sebagai proyek yang ada batas usia. Selama sebelum kiamat, kita masih kirim jemaah Indonesia,” kata Anies dalam dialog bersama Bachtiar Nasir, Kamis (8/2/2023).

Menurut Anies, sudah saatnya pemerintah membuat Kampung Haji Indonesia sebagai Investasi jangka panjang. Tiap tahun, banyak sekali orang Indonesia berangkat ke Arab Saudi untuk haji atau umrah.

“Setiap tahun, ada haji ada umrah, kenapa kita tak memiliki sumber daya untuk bisa membangun di sana. Kalau kita punya Kampung Haji, maka harapannya bisa menjadi tempat terdepan dan bisa lingkar usaha usaha milik bangsa Indonesia. Sekarang kita plos aja uang tak kembali ke kita,” katanya.

Menurut Anies, di wilayah itu ada penginapan yang bisa dihuni oleh jemaah dari Indonesia. Selain itu, beragam kuliner dan hal-hal lain berbau Indonesia pun akan ada di sana.

“Kita perkirakan, Kampung Haji ini bisa tampung 40 ribu jemaah haji, bisa umrah bisa haji. Makanan Indonesia, dan semua pelayanan yang membutuhkan,” ujarnya.

Dengan demikian, Anies menyebut ekonomi warga Indonesia di Arab Saudi pun bisa bergerak memanfaatkan musim haji.

“Kita secara tujuan ibadah terjalankan, kegiatan perekonomian bergerak dengan baik. Secara perwakilan ada, dia kan bisa mampir ke Kampung Indonesia dan merasakan Indonesia di tanah suci,” katanya. [detik.com]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *