HeadlinePolitik

Prabowo Imbau Pendukung Tak Berbondong-bondong Datangi MK

Prabowo Subianto | Foto :CNN Indonesia/Hesti Rika)

LENSAPOST.NET— Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto meminta para pendukungnya untuk tidak berbondong-bondong mendatangi Mahkamah Konstitusi (MK) saat persidangan sengketa hasil Pilpres 2019 digelar.

Prabowo meminta pendukungnya untuk percaya pada dirinya dan Sandi dalam menghadapi sengketa Pilpres yang mulai disidangkan 14 Juni mendatang.

“Saya dan Sandiaga memohon agar pendukung kami untuk tidak berbondong-bondong hadir di MK pada hari-hari mendatang,” kata Prabowo dalam pernyataannya melalui video yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (11/6).

Dia menyebut bersama dengan Sandi yang menjadi calon wakilnya dalam Pilpres 2019 ini telah memutuskan untuk menjalani semuanya sesuai ketentuan hukum dan konstitusi. Prabowo menyebut semua langkah yang dia ambil telah dipikirkan demi kepentingan rakyat.

“Kami putuskan selesaikan semua melalui jalur hukum. Kami selalu pikirkan yang terbaik untuk rakyat,” katanya.

Prabowo bahkan memohon agar pendukungnya tetap percaya pada pemimpin-pemimpin mereka. Kata dia, jika masyarakat memang masih percaya pada Prabowo-Sandi maka tak perlu hadir ke gedung MK.

“Saya mohon sami’na wato’na, percayalah pada pimpinan dan sungguh-sungguh kalau Anda dukung Prabowo-Sandi, mohon tidak perlu hadir di sekitar MK,” kata dia.

Prabowo mengakui akan ada delegasi untuk mendampingi tim hukum Prabowo-Sandi yang diketuai oleh Bambang Widjojanto. Tapi kata Prabowo, delegasi ini tak perlu datang dengan jumlah massa besar demi menghindari fitnah dan provokasi yang justru akan menyerang massa ini.

“Ada delegasi untuk dampingi tim hukum tapi tidak perlu berbondong-bondong dengan jumlah massa untuk hindari fitnah dan provokator-provokator lainnya,” kata dia.

Ketua Umum Partai Gerindra ini mengaku akan berusaha untuk percaya pada hakim MK. Kata dia, apapun keputusan yang kelak dikeluarkan oleh hakim, semuanya harus disikapi dengan tenang dan dewasa.

“Itu permohonan saya dan kita percaya pada hakim MK, apapun keputusannya kita sikapi dengan dewasa, tenang, berpikir untuk kepentingan bangsa negara. Itu sikap kami dan permohonan kami,” kata dia.

“Percaya lah niat kami untuk kepentingan bangsa negara, umat, dan rakyat,” kata Prabowo.

Rekonsiliasi dengan Jokowi

Sebelumnya, calon wakil presiden nomor Sandiaga Uno menyatakan pihaknya sudah ada upaya untuk melakukan rekonsiliasi dengan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin usai Pilpres 2019.

Sandi mengatakan tinggal menunggu waktu dan momentum yang tepat agar rekonsiliasi kedua belah pihak dapat terlaksana.

“Ya pak Prabowo sudah ada upaya, dan menunggu waktu yang tepat saja,” kata Sandiaga di Kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Sandi enggan membeberkan kapan waktu persis rekonsiliasi kedua kubu itu akan terlaksana. Ia menyatakan pihaknya masih berkonsentrasi untuk melalui proses sengketa pemilu di Mahkamah Kontitusi.

“Dan tadi Pak Prabowo sangat bersemangat untuk melalui proses MK ini, dan kepentingan bangsa dan negara kita utamakan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sandiaga menyatakan Prabowo dan dirinya sangat terbuka untuk bertemu pasangan Jokowi-Ma’ruf. Oleh karena itu, ia menyerahkan agar masing-masing pihak dapat mengatur jadwal yang tepat untuk menggelar pertemuan tersebut.

“Berkaitan dengan pertemuan, kami sepakat itu juga sangat strategis dan kita tunggu waktunya dengan tepat, dengan koalisi adil makmur maupun dengan koalisi Pak Jokowi,” kata Sandiaga. |CNN Indonesia

Leave a Response