NewsOlahraga

Lika-liku Budi Sudarsono, Caleg Eks Striker Timnas Indonesia

Mantan striker Timnas Indonesia Budi Sudarsono maju sebagai caleg DPRD RI Kabupaten Kediri. (AFP PHOTO/ADEK BERRY)

LENSAPOST.NET– Budi Sudarsono nyaris tak terdengar lagi namanya di belantika sepak bola Indonesia, terutama di Timnas Indonesia.

Bagi para fan sepak bola tanah air terutama di era 1990-an hingga 2000-an awal, nama Budi Sudarsono cukup dikenal.

Ia pernah menjadi andalan di ujung tombak Timnas Indonesia. Mantan pemain berjulukan Si Pyton itu bahkan mencetak satu dari dua gol kemenangan Garuda atas timnas Bahrain (skor 201). Satu gol lagi dilesakkan Bambang Pamungkas, mantan rekan setimnya yang kini masih memperkuat Persija Jakarta.

Berbeda dengan Bambang Pamungkas, Budi sudah lebih dahulu memutuskan pensiun dari kariernya sebagai pesepakbola. Ia kini mencoba banting setir masuk ke ranah politik praktis menjadi calon anggota legislatif (Caleg).

Ya, Budi kembali ke kampung halamannya ke Kediri maju sebagai Caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berebut kursi anggota DPRD RI Kabupaten Kediri Daerah Pemilihan II pada Pemilu 2019.

Mantan pemain Persib Bandung tersebut mengaku awalnya tak kepikiran untuk maju menjadi Caleg. Ia mengatakan dirinya ditawari langsung dari perwakilan partai yakni Ketua DPC PPP Kabupaten Kediri, Taufik Chafivudin.

Sempat berpikir ulang, Budi pun akhirnya mantap memilih jalan menjadi Caleg.

“Saya hanya ingin belajar saja. Ada kesempatan seperti ini, saya akan coba sekuat kemampuan.”

“Terpenting adalah memberikan manfaat bagi orang banyak, termasuk mungkin jika memang jalannya di sini [jadi anggota DPRD RI Kabupaten Kediri]. Saya ingin kembai mengabdi ke kampung saya,” ujar Budi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (7/4).

Budi sendiri mengakui sudah keluar uang banyak untuk mempersiapkan segala sesuatunya berebut kursi anggota legislatif di Kediri. Ketika ditanya uang yang keluar bisa mencapai ratusan juta rupiah, ia hanya tertawa.

“Pokoknya sudah banyak [uang yang keluar], dan itu murni dari dana pribadi saya. Saya juga menyadari sepenuhnya semua konsekuensi dan juga sudah menyiapkan hati agar tidak kecewa jika kalah,” tutur Budi.

Sebagai salah satu Caleg di Kediri, Budi juga mengaku terbiasa berbaur langsung dengan masyarakat sehingga ia menganggap hal itu jadi nilai tersendiri baginya.

“Sebelum jadi Caleg, saya memang biasa bersilaturahmi, berkumpul dengan masyarakat. Semoga ini juga jadi modal penting bagi saya,” ucap mantan pemain yang mengawali karier profesionalnya dari sepak bola tarkam atau antar kampung itu.

Budi pun bertekad akan memperjuangkan dunia olahraga, terutama sepak bola yang pernah digelutinya, jika terpilih menjadi anggota DPRD RI Kabupaten Kediri.

SUMBER : CNN Indonesia

Leave a Response