HeadlineHukum & KriminalIndonesiaNasionalNewsPemerintahanPolitik

Irwandi Yusuf Divonis 7 Tahun

LENSAPOST.NET – Ketua majelis hakim Pengadilan Tipikor Saifuddin Zuhri yang didampingi oleh empat anggotanya memvonis 7 tahun penjara kepada Gubernur Aceh non aktif Irwandi Yusuf, putusan itu meringankan dari tuntutan JPU sebelumnya yaitu 10 tahun penjara, Jakarta, Senin 8 April 2019, sekitar pukul 21.50 Wib.

“Irwandi divonis 7 tahun dipotong masa tahanan,” sebut Saifuddin.

Hakim menuturkan, yang meringankan Irwandi yakni bersikap sopan serta punya tanggungan keluarga.

Pada kesempatan yang sama, hakim menjatuhkan vonis 4 tahun kepada Hendri Yuzal (mantan ajudan Gubernur Aceh) dan denda Rp 200 juta serta 5 tahun untuk T Saiful Bahri (pengusaha) serta Rp 300 juta atau 3 bulan.

Sebelumnya pada 25 Maret 2019, jaksa KPK Ali Fikri menuntut 10 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan terhadap Irwandi. Jaksa yakin pria yang akrab disapa Tgk Agam ini menerima suap dan gratifikasi dari Ahmadi yang juga mantan Bupati Bener Meriah.

Sementara itu, sebelumnya Hendri dituntut 5 tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsider 6 bulan kurungan. Sedangkan Saiful dituntut 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Keduanya diyakini jaksa merupakan perantara suap untuk Irwandi.

Hendri dan Saiful diyakini bersalah melanggar Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Menurut jaksa KPK, Irwandi menerima suap Rp 1 miliar dari Bupati Bener Meriah Ahmadi. Uang tersebut diberikan agar Irwandi menyetujui program pembangunan dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2018.

Persidangan ini dimulai sejak Senin 26 November 2018 yang sudah berlangsung sekitar 20 kali peridangan KPK menangkap ketiganya pada 3 Juli 2018 dalam satu operasi tangkap tangan (OTT) bersama-sama dengan Bupati Bener Meriah Ahmadi yang sudah divonis 3 tahun dan kini di LP Sukamiskin Bandung. [Klikkabar]

Leave a Response